UNSUR
– UNSUR EKUITAS MEREK
Dalam
konsep ini ekuitas merek terdapat lima unsure yang menyadari, yaitu :
1. Kesadaran nama
Kesadaran nama brand yang
dibicarakan termasuk dalam huruf, kata dan angka .
2. Kesan kualitas
Sebuah merek akan dikaitkan dengan presepsi
kualitas tanpa perlu mendasarkan pengetahuan terinci mengenai spesifikasinya .
3. Asosiasi-asosiasi merek sebagai
tambahan terhadap kesan kualitas
Nilai yang menyadari merek sering
sekali didasarkan pada asosiasi khas ,khususnya yang berkaitan dengannya ,yang
bisa menciptakan sikap atau perasaan positif yang berkaitan dengan suatu merek
.
4. Loyalitas merek
Sikap positif konsumen terhadap
suatu merek dan kemungkinan dalam pembeliannya .
5. Asset – asset merek lainnya :paten,
cap, saluran hubungan dan lainnya .
Asset-asset
ini akan sangat bernilai jika asset itu menghalangi atau mencegah para
competitor menggerogoti loyalitas konsumen dan bisa mengambil banyak bentuk.
Sebagai contoh cap dagang akan melindungi ekuitas merek dari competitor yang
mungkin ingin membuat bingung para konsumen dengan mengunakan nama, symbol, dan
kemasan yang sama .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar